Minggu, 01 Maret 2009

GASING Jamplung

GASING Jamplung

Dari Pesisir Seginggi, Lombok

jamplung-yg-belum-di-catjamplung

Gasing Jamplung adalah salah satu jenis gasing yang terdapat di Pulau Lombok, tepatnya di daerah pesisir pantai Seginggi, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Gasing ini termasuk gasing jenis bunyi, dan bahannya terbuat dari buah Jamplung ( nyamplung ), yang banyak terdapat di pinggiran pantai. Tangkai gasing terbuat dari serutan bambu yang berbentuk seperti lidi, berfungsi sebagai poros.

Biasanya, Gasing ini dimainkan oleh anak-anak dan orang dewasa di pantai saat mereka istirahat. Gasing ini merupakan gasing yang berfungsi untuk mengisi waktu luang saja dan sifatnya sebagai hiburan.

Untuk memperindah gasing, pada tubuh gasing digambari bermacam warna dan corak.

CARA MEMBUAT

Cari buah Jamplung yang sudah tua dan keringkan terlebih dahulu. Buat lubang ditengah badan buah Jamplung, lalu keluarkan isinya dengan cara mengkorek-koreknya. Jika isi buah Jamplung sudah keluar maka tinggal kulit buah Jamplung yang keras.

Lubangi ujung atas dan bawah buah jamplung, lalu masukkan lidi ( dari bambu ) dari lubang atas sampai lubang bawah, hingga lidi menonjol sedikit untuk dijadikan porosnya. Agar kuat, lubang atas dan lubang bawah diberi lem untuk memperkokoh lidi tersebut untuk dijakdikan poros. Jadilah Gasing Jamplung.


CARA MEMAINKANNYA

cr-main-jamplung

Ambil tangkai Gasing, lalu letakkan dan jepit diantara kedua telapak tangan. Putar dengan menggeser kedua telapak tangan dengan arah yang berlawanan, dan lepas Gasing ke lantai. Gasing dengan sendirinya akan berputar. Jika putaran Gasing cukup kencang maka Gasing tersebut akan mengeluarkan bunyi yang nyaring dan merdu.

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar